cara membuka file epub di android
Tutorial

Cara Membuka File Epub di Android Melalui Google Play Books

Cara Membuka File Epub di Android Melalui Google Play Books – 

Teman-teman di sini suka membaca ebook? Kalaupun tidak, pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Keberadaan ebook atau buku digital adalah salah satu dampak postif perkembangan teknologi. Kini, kita bisa membaca buku tanpa menambah penuh rak buku. Apakah teman-teman pernah membeli ebok tapi file-nya tidak bisa dibuka karena berformat epub? Sama, aku juga. Tapi sebenarnya apa sih epub itu?

Epub (Electronic Publication) adalah salah satu format ebook yang dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum pada tahun 2007. Jadi ia sebangsa dengan .pdf atau .djvu, .doc, atau format ebook yang lain. Sebenarnya format ebook itu ada banyak. Akan tetapi, aku tidak akan menjelaskan format-format tersebut satu persatu. Mengenai berbagai macam format ebook, aku membahasnya di sini. Pada artikel ini, yang dibahas adalah khusus masalah format .epub. Oke? Mari kita lanjut!

Saat pertama kali aku mendapatkan ebook dalam format epub, aku merasa bingung dan mengira jika file ini tidak bisa diakses. Ternyata memang epub memerlukan aplikasi sendiri untuk bisa mengaksesnya. Tapi tenang saja. Meskipun memerlukan aplikasi pendukung untuk mengaksesnya, caranya tetap gampang kok. Untuk teman-teman pengguna android, epub bisa dibuka lewat google play book. Jadi, teman-teman tidak perlu mengkonfersikan filenya ke pdf terlebih dahulu. Nah, berikut ini cara membuka file epub di android lewat google play books.

  1. Instal google play books di play store
  2. Registrasi akun google play books atau login menggunakan akun google yang sudah ada
  3. Sekarang siapkan file epub yang ingin dibaca. Klik file tersebut, pilih opsi ‘upload’ ke google play books
  4. Di google play book, klik ‘upload’.
  5. Untuk membacanya teman-teman perlu menngunduhnya terlebih dahulu. Klik ‘download’.

Nah, setelah diunduh, buku digitalmu sudah bisa dibaca. Selamat membaca! Pastikan ebook-mu legal ya 🙂

Baca juga: Cara Meminjam Buku di Ipusnas

Demikian cara membuka file epub di android lewat google play book. Mengapa di google play book? Mengapa tidak di aplikasi lain atau epub reader-nya langsung saja? Pertimbangannya, barangkali teman-teman pembaca ebook juga langganan google play books yang lebih familiar. Jadi, daripada menambah unduhan aplikasi, mending pakai yang sudah ada. Lumayan, hemat ruang dan memori.

Kalau ada pertanyaan, teman-teman bisa menuliskan pertanyannya di kolom komentar. Kalau aku bisa pasti nanti aku bantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.