cara meminjam buku di eperpusdikbud
Tutorial

Cara Meminjam, Membaca, dan Mengembalikan Buku di Eperpusdikbud

Cara Meminjam, Membaca, dan Mengembalikan Buku di Eperpusdikbud – Eperpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital dari Perpustakaan Kemendikbud RI. Seperti halnya aplikasi perpustakaan digital lainnya, Eperpusdikbud menyediakan banyak buku elektronik (ebook) yang bisa kita baca secara legal. Meskipun buku di Eperpusdikbud belum begitu banyak, akan tetapi Eperpusdikbud bisa dijadikan alternatif perpustakaan digital.

Eperpusdikbud memberikan kita fasilitas untuk meminjam buku dalam jumlah lebih dari satu. Untuk dapat meminjam dan membaca buku di Eperpusdikbud, kita wajib melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Nah, sebelum kita membahas mengenai cara registrasi dan cara meminjam buku, kita bahas dulu fitur-fitur yang ada di Eperpusdikbud. Apa saja sih, fitur-fitur yang ada di aplikasi Eperpusdikbud?

Fitur-fitur Aplikasi Eperpusdikbud

Perlu kita ketahui bahwa Eperpusdikbud ini didukung oleh Gramedia Digital. Tampilan Aplikasi Eperpusdikbud ini bernuansa biru muda dan putih. Pada saat pertama kali kita membuka aplikasi, kita disuguhkan dengan halaman ‘perpustakaan’ dan ‘perangkat’. Halaman ‘perpustakaan’ berisi berbagai buku-buku bacaan yang ada di aplikasi. Halaman ‘perangkat’ adalah tempat untuk melihat buku yang sudah kita pinjam. Nah, berikut ini penjabaran dari fitur-fitur aplikasi Eperpusdikbud.

Kolom Pencarian

Kolom pencarian ini berada di pojok kanan atas, pada ikon bergambar lup. Kolom pencarian ini digunakan untuk mencari buku yang kita inginkan. Kita bisa mencari buku dengan mengetikkan kata kunci terkait. Tetapi perlu diketahui bahwa kata kunci yang mendukung adalah judul buku. Jadi, misal kita ingin mencari buku milik pengarang tertentu tetapi kita lupa atau tidak tahu judulnya, kita tidak bisa menemukan bukunya. Mengetikkan nama pengarang atau penerbit sebagai kata kunci tidak akan membantu kita menemukan bukunya. Ini salah satu kekurangan aplikasi Eperpusdikbud menurutku. Jadi, pastikan teman-teman mengetahui judul buku yang diinginkan ya, minimal satu kata.

Menu terdapat pada pojok kiri atas, di samping katalog. Ada lima halaman yang ada pada menu dalam Eperpusdikbud ini.

1. Perpustakaan.

Perpustakaan ini sebenarnya adalah halaman yang tampil pada saat pertama kali kita membuka aplikasi ini. Berisi buku-buku yang ada di aplikasi Eperpusdikbud. Teman-teman bisa lihat-lihat dulu atau langsung melewatinya untuk cari buku yang dinginkan, atau langsung keluar jika ternyata aplikasi terbuka karena tidak sengaja kepencet.

2. Profil.

Profil di sini bukan profil instansi ya, tapi profil pengguna, alias profil kita. Iya, kita. Halaman profil ini memungkinkan kita untuk menyunting profil dan keluar akun. Eh, tapi yang bisa diganti hanya kata sandi. Nama pengguna dan email tidak bisa diganti. Jadi, sebelum mendaftar, pastikan nama pengguna dan email teman-teman sudah paten, permanen, dan fix ya!

3. Riwayat Peminjaman.

Riwayat peminjaman berisi daftar riwayat buku-buku yang telah kita pinjam. Jika kita meminjam buku yang sama lebih dari satu kali, maka buku tersebut juga akan muncul dua kali di riwayat, bukan hanya satu lalu ada keterangannya pernah dipinjam dua kali, gitu.

4. Daftar Tunggu.

Daftar tunggu berisi daftar antrian buku kita. Jika kita memasukkan buku ke dalam antrian, maka antrian akan masuk ke halaman ini. Antrian berasal dari tombol ‘beritahu saya’ yang kita klik ketika stok buku habis. Oh iya, antrian ini hanya bisa diterapkan pada buku yang stoknya habis. Jika stoknya masih ada, teman-teman tidak bisa menyuruh aplikasi Eperpusdikbud untuk mengingatkan judul buku tersebut jika teman-teman ingin membacanya di lain waktu. “Emang Elu siapa nyuruh-nyuruh Gue?” kata Eperpusdikbud.

5. Tentang Kami.

Nah, kalau ini baru profil aplikasi. Ada sedikit keterangan dan slogan aplikasi ini. Lalu di bawahnya ada sponsor. Bawahnya lagi ada tautan untuk melihat kebijakan privasi.

Nah, itu tadi fitur-fitur yang ada pada aplikasi Eperpusdikud. Lalu bagaimana cara meminjam buku di aplikasi Eperpusdikbud? Berikut caranya.

Cara Meminjam Buku di Aplikasi Eperpusdikbud

1. Instal aplikasi Eperpusdikbud di Playstore

2. Registrasi Akun Eperpusdikbud

3. Login dengan akun yang sudah didaftarkan

4. Klik ikon lup di pojok kanan atas

5. Ketikkan judul buku yang diinginkan, lalu klik bukunya.

6. Setelah itu kita akan ditunjukkan halaman berisi buku dan informasinya. Klik “pinjam”. Jika bertuliskan “stok habis”, berarti kita harus mengantri dulu untuk dapat bukunya, karena bukunya sedang dipinjam banyak orang. Jika teman-teman ingin antri bisa klik “beritahu saya.”

7. Kita tunggu proses unduhan selesai. Setelah selesai, kita sudah bisa membacanya.

Nah begitu cara meminjam buku di Eperpusdikbud. Jika kita sudah selsai, kita bisa langsung mengembalikannya. Berikut cara mengembalikan buku di Eperpusdikbud.

Cara mengembalikan buku di Eperpusdikbud

1. Setelah masuk dan login ke aplikasi Eperpusdikbud, klik pada bagian “perangkat”

2. Pada buku yang ingin dikembalikan, klik titik tiga yang ada di bawah gambar buku.

3. Pilih kembalikan. Klik “ya” pada konfirmasi.

Nah, selesai sudah proses pengembalian buku kita di Eperpusdikbud.

Demikian sedikit ulasan tentang Eperpusdikbud beserta cara meminjam, membaca, dan mengembalikan buku yang ada di aplikasi Eperpusdikbud. Jika ada yang masih kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar. 

Terima kasih. Selamat melanjutkan aktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.