Macam-Macam Format Ebook
Sudut Rak

Macam-macam Ebook Reader (E-Reader), Gadget untuk Membaca Buku

Macam-macam Ebook Reader (E-Reader), Gadget untuk Membaca Buku – Dewasa ini penggunaan ebook semakin marak. Maraknya penggunaan ebook sebagai media baca rupanya turut menjadi perhatian para perusahaan digital. Perusahaan-perusahaan tersebut lalu berinovasi untuk menyambut pasar yang berpotensi akan berkembang di masa mendatang. Dibuatlah ebook reader atau e-reader. Ebook reader adalah perangkat yang dikhususkan untuk membaca buku. Jika selama ini kita mengenal perangkat elektronik atau gadget berupa laptop, smartphone, dan tablet, sekarang ada e-reader. Jika perangkat lain digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses informasi, sampai melakukan pekerjaan, e-reader digunakan khusus untuk membaca buku. Jadi di e-reader, kita bisa membaca ebook tanpa terganggu dengan notifikasi dari gadget yang sedang dipegang seperti ketika kita membaca ebook lewat smartphone atau tablet.

Sebagaimana gadget lain, e-reader sendiri mempunyai banyak macam dan merk. Berikut ini adalah macam-macam ebook reader yang digunakan untuk membaca ebook

Kindle

Kindle ereader
foto: xxolaxx-pixabay

Kindle adalah ebook reader yang diproduksi oleh Amazon. Kindle memberikan fasilitas pembaca untuk membeli, men-download, dan membaca buku, majalah, koran, dan media lainnya yang terhubung ke perangkat Kindle. Pembaca bisa mendapatkan semua itu di Kindle Store yang ada di perangkat. Kindle pertama kali dirilis pada tahun 2007. Setelah itu Kindle dikembangkan menjadi beberapa versi. Versi yang populer antara lain Kindle Paperwhite, Kindle Voyage, dan Kindle Oasis. Ebook yang ada di Kindle ini berformat AZW dan MOBI. Kindle tidak mendukung format epub. Perangkat ini menggunakan teknologi layar e-ink. Layar e-ink berbeda dengan layar yang ada pada gadget lain. layar e-ink dikhususkan untuk ebook karena lebih ramah di mata. Di Kindle kita juga bisa mendengarkan audiobook. Kindle juga memiliki fitur kamus dan stabilo. Beberapa pengulas Kindle mengatakan jika layar Kindle hitam putih, tidak berwarna. Di Kindle, kita bisa mengatur ukuran huruf dan kertas, e-reader ini juga tahan air.

Terkait: Macam-Macam Format Ebook

 

Kobo

kobo ereader
foto: Perfecto Capucine-Pixabay

E-reader Kobo adalah perangkat baca buku yang diproduksi oleh perusahaan Kobo Inc yang berpusat do Toronto, Kanada. Perusahaan tersebut adalah bagian dari Rakuten Group (Jadi ingat dengan Raminten), sebuah perusahaan elektronik asal Jepang. Berbeda dengan Kindle yang ebook-nya berformat AZW dan MOBI, ebook di Kobo berformat Epub. Ini sama dengan format buku yang ada di aplikasi Google Play. Jadi, jika kita membeli buku di Google Play Books, kita bisa mentransfer buku-buku tersebut ke Kobo tanpa perlu mengkonversikan format ebook dari Google Play Books. Berbeda ketika kita memindah buku dari Google Play Books ke Kindle. Karena ebook di kindle berformat .AZW dan MOBI, maka kita perlu mengkonversikan format ebook dari Google Play Books. Sama seperti e-reader yang lain, layar Kobo menggunakan teknologi e-ink screen. Kobo dikembangkan dengan berbagai model dari waktu ke waktu. Beberapa jenis Kobo yaitu Kobo Aura, Kobo Glo, Kobo Touch, Kobo Clara, dan Kobo Nia. Kobo mendukung format EPUB, MODI, PDF, HTML, TXT, RCF, JPEG, PNG, CBZ, dan CBR.

 

Nook (Barnes)

nook ereader
foto: Amazon

Nook adalah ebook reader yang dikembangkan oleh Barnes & Noble, perusahaan retail buku asal Amerika. Berbeda dengan kedua e-reader sebelumnya, e-reader ini memiliki sistem operasi berbasis android. Perangkat ini pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2009. Nook menggunakan teknologi layar e-ink. Format ebook yang didukung oleh Nook adalah PDF dan Epub. Adapun untuk gambar adalah JPEG, PNG, GIF, dan BMP. E-reader Nook menyediakan berbagai fitur seperti konektivitas Wifi dan bluetooth, sama seperti e reader yang lain. Beberapa versi Nook antara lain Nook Simple Touch, Nook Glow Light, dan Nook Glow Light Plus.

 

Boox

nook ereader
foto: onyxboox.com

Boox atau yang dikenal dengan Onyx Boox adalah ebook reader yang diproduksi oleh Onyx International Inc di Cina. Ebook ini menggunakan sisem operasi Linux dan Android. Berbeda dengan e-reader sebelumnya, e-reader Boox bisa digunakan untuk menginstal banyak aplikasi pembaca buku seperti Google Play Books, Gramedia Digital, dan Ipusnas. Boox sendiri mendukung banyak format ebook seperti PDF, MOBI, Epub, HTML, TXT, CHM, DOC, dan RTF. Jadi, kita tidak perlu mengkonversikan ebook yang ada dalam aplikasi. Buku-buku langsung bisa dibaca. Onyx Boox ini cukup populer di kalangan pembaca di Indonesia selain Kindle dan Kobo. Dibandingkan dengan e reader yang lain, ukuran Boox lebih besar. Otomatis tulisan dalam eboknya juga lebih besar sehingga memudahkan kita untuk membacanya. Seperti halnya ebook reader yang lain, layar e reader Boox menggunakan teknologi e-ink Pearl. Boox juga dikembangkan ke dalam beberapa versi antara lain Onyx Boox Max, Onyx Boox Nova, Onyx Boox Note Pro, Onyx Boox Max Lumi, dan Onyx Boox Poke.

 

Bookeen

bookeen ereader
foto: Janeb13-Pixabay

Booken disebut juga Cybook Opus, merupakan perangkat e-reader yang diproduksi oleh Booken, sebuah perusahaan ebook dan elektronik dari Perancis. Format ebook yang didukung e-reader ini adalah PDF, Mobi, TXT, HTML, dan Epub. Meski tidak sepopuler Kindle, Booken termasuk e-reader yang banyak digunakan di Eropa. Fitur unik yang dimiliki ebook reader ini adalah rotasi layar otomatis. Jadi, ketika kita memutar perangkat ini ketika membacanya, teks dalam buku otomatis akan menyesuaikan dengan posisi layar. Kita juga bisa mengubah ukuran huruf untuk ebook yang berformat HTML dan TXT. Bookeen atau Cybook Opus terdiri dari beberapa versi seperti Cybook Opus, Cybook Odyssey, Cybook Orizon, Cybook Muse dan Cybook Ocean.

 

PocketBook

pocketbook ereader
foto: amazon.com

PocketBook merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi ebook reader.  Dengan PocketBook, kita bisa mengunduh, membeli, dan membaca buku, majalah, koran dan media digital lainnya. Perusahaan PocketBook berdiri pada ahun 2007 dan merilis perangkat pertama kali pada tahun 2009. Kini PocketBook elah dikembangkan ke dalam beberapa versi seperti PocketBook Basic, PocketBook Touch, PocketBook InkPad, dan PocketBook InkPad Color. Jika ebook reader yang lain menggunakan tampilan layar hitam putih, PocketBook menggunakan tampilan layar berwarna pada versi terbarunya yaitu PocketBook Inkpad Color.

 

Hanlin V3

Hanlin ereader
foto: amazon.com

Hanlin V3 adalah ebook reader yang dikembangkan oleh JinKe Electronic Company, di Cina. Hanlin mendukung banyak format ebook. Akan tetapi format Epub, RTF, Mobi, dan FB2 bekerja lebih baik di Hanlin daripada format PDF, DOC, HTML, TXT. Hal ini karena format-forat yang pertama lebih sederhana dan lebih ringan. Hanlin kini sudah berganti nama menjadi BeBook

Itulah macam-macam ebook reader yang cukup populer di kalangan pembaca buku. rupanya e reader belum begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Tapi kini beberapa pembaca dan influencer buku dan gadget sudah ada yang menggunakan, bahkan mengulas dan merekomendasikannya ke masyarakat. Perihal apakah e reader akan menarik minat banya masyarakat atau tidak, semua tergantung masyarakat itu sendiri.

Dari macam-macam ebook reader di atas, teman-teman biasanya menggunakan yang mana? Atau ingin memiliki yang mana?

2 Komentar

  • bacaanipeh.web.id

    Poke 3 buatku udah cukup banget selama si gramedia digital ngga buru2 update minimal OS Android. Ngeri aja tiba-tiba si GD ini minta OS yang terbaru setiap tahun. Bisa nangis akuh. Secara harga poke 3 ini buatku lebih wajar dibanding versi teranyarnya yang sampai di atas 5 juta huhuhu

    • admin

      Dilema pengguna teknologi ya Mbak, apalagi elektronik. Di satu sisi, teknologi memudahkan urusan kita, tapi di sisi lain juga menuntut kita buat terus update kalau gak mau ketinggalan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.