Macam-Macam Format Ebook
Sudut Rak

Macam-Macam Format Ebook yang Perlu Kamu Ketahui

Macam-Macam Format Ebook | Ebook adalah buku dalam bentuk digital. Ebook disebut juga denga buku elektronik atau buku-el. Akan tetapi, istilah buku-el rupanya kurang begitu populer di kalangan kita. Kita lebih banyak mengenal buku elektronik dengan sebutan ebook. Ada bermacam-macam format ebook. Mungkin kita familier dengan .pdf, .doc, .epub, dan berbagai format populer lainnya. Tetapi sebenarnya format ebook itu ada banyak lho. Apa saja sih? Simak uraian berikut!

Macam-Macam Format Ebook

1. PDF

Format ebook PDF merupakan salah satu format ebook yang cukup populer. Bahkan, sebagian besar smartphone memiliki aplikasi pembaca PDF bawaan. PDF merupakan singkatan dari Portabe Document Format. Format ini dibuat oleh Adobt Inc pada tahun 1933. Ebook berformat PDF ini menggunakan eksistensi .pdf. Selain menampilkan tulisan dan grafik, PDF juga bisa menampilkan hyperlink. Tautan yang ada di hyperlink tidak akan mati dan bisa diklik oleh pembaca. Format ebook PDF ini bisa ditampilkan di Adobe Reader, PDF Reader, dan aplikasi lain yang mendukung. Ebook berformat PDF tidak akan berubah ukuran meskipun dibaca di aplikasi yang berbeda. Jika ukuran kertas dalam ebook tersebut adalah A4, maka ia akan tetap jadi A4 jika dibuka di ebook reader atau aplikasi manapun.

2. EPUB

Epub (Electronic Publication) adalah sebuah format ebook yang mengguanakan ekstensi .epub yang diterbitkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). Epub bisa dibuka di Google Play Books, Aldiko Book Reader, Universal Book Reader dan Moon+ Reader. Bagi pengguna iOS, format ebook epub bisa dibuka di ibooks. Jika melalui PC, file berformat Epub bisa dibuka di Adobe Digital Edition, EPUB File Reader, Okular, dan Sumatra PDF. Berbeda dengan PDF yang tidak berubah ukuran, ukuran ebook berformat EPUB bisa menyesuaikan dengan aplikasi atau ebook reader yang kita gunakan. Format ini hanya bisa dibaca, tidak bisa dicetak sebagaimana PDF. Hal ini mengungunkan bagi para penulis yang menerbitkan ebook-nya dengan format epub karena resiko pembajakan kecil.

3. Mobi

Mobi adalah format ebook yang dikembangkanoleh Mobipocket. Mobi dirilis pada tahun 2000 oleh perusahaan penjual e-reader di Perancis. Tapi pada tahun 2005, Amazon membeli Mobipocket. Karena dibeli oleh Amazon, Mobi pun didesain agar bisa dibuka di perangkat yang dikembangkan oleh Amazon, yaitu Kindle. Untuk membuka ebook dengan format .mobi, kita memerlukan perangkan lain seperti Mobipocket Reader, Calibre, dan FBReader. Tipe perangkat yang mendukung foramt .mobi yaitu Symbian, Windows, Palm OS, Java Me, dan Psion. Untuk pengguna Android harus bisa mendownload aplikasi Kindle Amazon untuk membukanya, karena aplikasi Mobipocket Reader tidak dirilis di Playstore Android. Pada e-reader, kita bisa membukanya di Kindle, dan iLiad.

4. DjVU

DjVu dikembangkan untuk menyimpan berkas yang dipindai (scan) yang memuat teks maupun gambar. Ukuran file DjVu berukuran lebih kecil daripada PDF sehingga sering dijadikan alternatif penyimpanan dan format ebook. Untuk membaca ebook dengan format DjVu, kita memerlukan perangkat pendukung seperti WinDjView untuk Windows, dan Pocketbook, ReadEra, Ebookdroid, dan Fullreader untuk Adroid.

5. Azw

Azw merupakan ekstensi dari format Kindle yang dikembangkan oleh Amazon. Format ini dirilis tahun 2007. Azw dikembangkan dari format Mobi setelah sebelumnya Amazon membeli Mobipocket. Jika teman-teman memiliki perangkat e-reader Kindle, teman-teman bisa membukanya di perangkat tersebut. Jika tidak, teman-teman bisa mengunduh aplikasi Kindle Amazon di perangkat masing-masing. Karena saat ini perangkat pendukung file .azw hanya dari Kindle.

6. Doc

Tidak banyak ebook yang menggunakan format .doc. Format ini digunakan pada ebook yang dibuat di Ms. Word. Dengan demikian, ebook berformat .doc ini mudah untuk diedit dan dikonversikan ke format ebook yang lain. Ebook yang berformat .doc biasanya didapatkan ketika kita berlangganan ebook dari sebuah website atau bog, atau buku yang disusun sebagai buku panduan oleh komunitas, lembaga maupun individu tanpa diterbitkan secara resmi.

7. HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa mark up standar yang biasa digunakan pada pembuatan halaman website. Ekstensi file ini adalah .html atau .htm. Biasanya akan terlihat ketika kita membuka peramban. Jadi, ebook berformat html bisa dibaca menggunakan web browser.

8. CHM

CHM adalah singktan dari Compress HTML. CHM merupakan format ebook yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pertama kali pada Windows 98. Ebook berformat ini bisa digunakan tanpa memerlukan aplikasi pendukung lainnya. Akan tetapi format ini hanya bisa diakses oleh PC berbasis Windows.

9. KF8

KF 8 adalah format dari Kindle Fire yang diproduksi oleh Amazon. Format ini dikenal juga dengan azw3. Sama seperti format .azw dan .mobi, KF8 dapat diakses di perangkat milik Amazon seperti Kinlde. KF8 juga disebut sebagai pengganti format Mobi yang lama.

10. TPZ

TPZ disebut juga dengan Kindle Topaz, format ebook dengan ekstensi .tpz. Format ini juga digunakan oleh Kindle yang dikembangkan oleh Amazon. Format ini biasanya digunakan untuk menyusun buku-buku lama secara singkat dan cepat.

11. PRC

PRC adalah singkatan dari Product Representation Compact. PRC adalah format ebook yang dengan ekstens i.prc yang dikembangan oleh Mobipocket, perusahaan ebook Perancis. Tetapi setelah Amazon membeli Mobipocket, format .prc berada di bawah naungan Amazon. File PRC dapat dibuka dengan Mobipocket Reader, Sumatra PDF, dan Calibre untuk Dekstop. Jika di android, PRC bisa dibuka di Cool Reader. File PRC juga dapat dibuka di Amazon Kindle karena format ini dibawah pengembangan Amazon semenjak Amazon membeli Mobipocket. Format ini mendukung beberapa fitur sperti notes, stabilo, anotasi, dan bookmark.

12. PDB

PDB, atau disebut juga dengan Palm Document Format, adalah format ebook yang berbasis platform PalmOS. Kali ini tidak lagi berhubungan dengan Amazon atau HTML. Tetapi format ini berbasis sistem operasi Palm. Format ini bisa diakses menggunakan PalmDoc (AportisDoc) atau e-Reader lain yang mendukung.

13. LIT

LIT (singkatan dari Literature) adalah format ebook dari Microsoft Reader dengan ekstensi .lit. Microsoft Reader adalah salah satu aplikasi untuk membuka ebook di Windows. Format ini mirip dengan Chm. Akan tetapi, pada tahun 2011 Mocrosoft mengumumkan bahwa Microsoft Reader tidak lagi digunakan, dan pada tahun 2012 format LIT tidak lagi digunakan untuk ebook.

14. Fictionbook

FictionBook merupakan format ebook dengan ekstensi file .fb2. Format ini populer di Rusia. Format ini didesain untuk buku-buku fiksi. File ebook fb2 dapat dibuka diberbagai perangkat pendukung seperti Windows, MacOS, dan Linux. File .fb2 bisa mencapai ukuran yang cukup besar sehingga sering dikompres dengan .ZIP agar lebih mudah mentransfer file. Format ini lebi mengutamakan struktur ebook daripada tampilan sehingga memudahkan untuk dikonversi ke dalam format lain.

15. Comic Book Archive

Comic Book Archive atau disebut juga dengan Comic Book Reader File adalah sejenis arsip file dari rangkaian gambar, biasanya digunakan untuk komik. Format ini terdiri dari foto-foto dengan berbagai format, seperti PNG atau JPEG yang tersimpan dalam sebuah arsip, seperti halnya sebuah komik. Jadi, bisa dibilang ini adalah format ebook yang dikhususkan untuk gambar. Selain itu, format ini juga memuat beberapa konten tambahan seperti pengarang, daftar isi, maupun sinopsis cerita. Format ini menggunakan ekstensi .cbr, .cbz, dan .cb7

Itu lah macam-macam format ebook yang bisa kubagikan. Perbedaan-perbedaan tersebut tidak mengurangi kualitas dari ebook tersebut. Mereka hanya berbeda perangkat pendukung. Seperti halnya anak-anak manusia, mereka tidak ada yang bodoh, hanya berbeda kemampuan. Di antara macam-macam format ebook di atas, teman-teman biasanya menggunakan yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.