macam-macam sticky notes beserta fungsinya
Sudut Rak

Macam-Macam Sticky Notes dan Fungsinya Pada Buku

Kecil, warna-warni, bisa ditempel, bukan permen karet. Apakah itu? Yap, sticky notes. HARI GINI MASIH BELUM TAHU STICKY NOTES?! Ya, tidak apa-apa sih, hehe. Tidak berdosa kok. Sticky notes adalah sebuah benda dari plastik atau kertas berpotongan kecil-kecil yang memiliki perekat di sebagian sisinya. Ada macam-macam sticky notes yang telah tercipta ke dunia ini. Sticky notes memiliki beragam bentuk, dan warna. Banyaknya jenis sticky notes juga sama banyaknya dengan fungsi sticky notes itu sendiri. Jika selama ini kita mengenal sticky notes untuk penanda buku, maka kali ini kita bisa mengetahui macam-macam sticky notes sekaligus fungsinya yang lebih dari sekedar pemarkah buku dan memo tempel. Apa aja sih? Mari kita lihat uraian berikut ini tentang macam-macam sticky notes dan fungsinya pada buku.

Macam-Macam Sticky Notes dan Fungsinya Pada Buku

Macam-Macam Sticky Notes

Sticky Notes terdiri dari banyak variasi dan warna. Berikut ini macam-macam sticky notes.

1. Sticky Notes Index

Sticky notes index (index sticky notes) adalah sticky notes yang berbentuk persegi panjang kecil. Index sticky notes juga dikenal dengan index tabs. Orang-orang juga menyebut sticky notes ini dengan post-it. Sticky notes ini ada yang transparan dan ada yang tidak. Untuk yang transparan biasanya terbuat dari plastik PET dan yang tidak transparan terbuat dari kertas.

2. Sticky Notes Memo (Memo Sticky Notes)

Sticky notes memo (memo sticky sotes) dikenal juga dengan memo pad atau memo tempel karena memang bentuknya memo. Sticky notes ini berentuk persegi dengan perekat di salah satu sisinya. Sticky notes memo atau memo pad ini terbuat dari kertas dengan berbagai warna.

3. Sticky Notes Transparan

Sticky notes transparan adalah sticky notes yang tembus pandang dan tidak menghalangi tulisan asli buku saat ditempel. Bahan sticky notes transpaan ini adalah plastik PET. Sticky notes ini terdiri dari berbagai ukuran. Ada yang seukuran sticky notes memo dan ada yang lebih besar dari itu. Untuk warna, biasanya putih atau putih tulang transparan.

4. Sticky Notes Highlighter (Highlighter Sticky Notes)

Sticky notes model highlighter adalah sticky notes yang bentuknya kecil-kecil dan panjang. Panjangnya kurang lebih sama dengan index tab, ada juga seukuran lebar buku. Sticky notes ini umunya transparan dan terdiri dari berbagai macam warna.

Fungsi Sticky Notes

Kita sudah membahas macam-macam sticky notes. Sekarang kita akan membahas fungsi dari sticky notes. Sticky notes bisa buat apa saja sih? Berikut ini fungsi sticky notes pada buku.

1. Pembatas Buku

Pernahkah teman-teman beli buku tapi tidak ada pembatasnya? Tidak semua buku bacaan memiliki pembatas. Untuk buku yang dicetak tanpa pembatas, kita harus mencari sendiri pembatas bukunya. Memang ada yang tidak memerlukan pembatas buku, tetapi ada juga yang memerlukan lebih dari satu pembatas untuk tiap-tiap buku. Pembatas ini berfungsi sebagai penanda sampai mana buku itu terbaca.

Permukaan sticky notes yang lengket hanya di sebagian sisi ini membuat sticky notes bisa ditempelkan di tepi buku, dan bagian yang tidak lengket akan tersisa sehingga menjadi tanda pada halaman. Kurasa semua jenis sticky notes bisa dijadikan pembatas buku. Tapi biasanya orang-orang menggunakan sticky notes tipe index sebagai pemarkah buku. Tinggal pilih warna yang sesuai selera kita lalu tempelkan pada halaman yang ingin ditandai. Saat kita menutup buku, kita tak perlu khawatir lupa sampai halaman berapa. Kita juga tidak perlu khawatir pembatas terjatuh saat buku terbuka tak sengaja. Bayangkan saja pembatas buku terjatuh saat kamu akan menutup buku sembari menjinjingnya. Atau buku tertutup secara tak sengaja padahal kamu belum meletakkan pembatas. Pembaca buku pasti paham bagaimana perasaannya, haha.

Baca juga : Rekomendasi Pembatas Buku dari Barang Bekas di Rumah

2. Mencatat kutipan

Saat kita membaca buku, seringkali kita menemukan sebaris atau beberapa baris kata-kata yang bagus dan mengena di hati. Biasanya, kita akan mencatatnya, menyimpannya, atau memfotonya untuk dijadikan quotes, status, dan caption di media sosial. Nah, quotes tersebut bisa teman-teman catat di sticky notes. Untuk mencatat quotes, teman-teman bisa pakai sticky notes tipe memo. Jadi, saat kita menemukan kutipan keren, catat saja di sticky notes.

Baca juga: Novel-Novel yang Bahasanya Indah, Kamu Harus Membacanya

3. Pengganti stabilo

Hayo, siapa yang baru tahu kalau sticky notes bisa jadi pengganti stabilo? Pokoknya, selain untuk menandai buku, sticky notes juga bisa dijadikan pengganti stabilo. Caranya, kita cukup menemempelkannya pada bagian yang ingin ditandai dengan stabilo. Sticky notes yang tyang paling cocok untuk pengganti stabilo adalah sticky notes highlighter. Sesuai dengan namanya, sticky notes ini berfungsi sebagai highlighter (penyorot) atau stabilo. Meski tidak ada stabilo, kita masih bisa membuat buku tetap berwarna-warni dan tercoret-coret, eh, mungkin lebih tepatnya tertempel-tempel.

4. Membuat Catatan Penting

Membaca buku memberikan kita banyak referensi dan informasi yang penting. Ketika kita menemukan informasi tersebut, teman-teman bisa mencatatnya di sticky notes. Catatan penting ini juga sering digunakan oleh para pengulas buku untuk mencatat poin-poin penting yang akan dijadikan bahan ulasan. Dengan mencatat informasi penting ini, kita tidak akan kesulitan mencari halaman kutipan tersebut saat kita membutuhkannya. Sticky notes yang cocok untuk membuat catatan penting adalah sticky notes memo. Sticky notes model memo memiliki ukuran yang lebih lebar sehingga lebih cocok untuk menulis catatan.

5. Anotasi

Anotasi bisa dibilang menambahkan catatan untuk menerangkan isi buku, kritik, atau catatan lain. Lalu apa bedanya dengan “membuat catatan penting”? Anotasi buku di sini maksudnya lebih dari sekedar menambahkan catatan. Barangkali teman-teman pernah melihat buku yang isinya penuh dengan coretan, tempelan stiker, memo, dan sticky notes seperti pada gambar di atas? Nah, itulah anotasi yang dimaksud. Kita melakukan anotasi buku dengan menandai bagian yang dirasa penting dalam buku, seperti mencoret-coret buku dengan stabilo, spidol, pulpen, dan menempelinya dengan sticky notes untuk penanda bagian penting atau membuat catatan. Biasanya sticky notes yang digunakan untuk menandai bagian penting adalah index sticky notes atau index tabs dan sticky notes memo. Buat sebagian pembaca buku, mungkin anotasi adalah aktivitas wajib saat baca buku.

Itulah macam-macam sticky notes dan fungsinya pada buku. Setelah tahu macam-macam sticky notes dan fungsinya pada buku, apakah teman-teman tertarik untuk mengoleksi sticky notes juga? Sticky notes ini bisa kita dapatkan di toko alat tulis meski tidak semua toko ATK menjual banyak macam sticky notes. Teman-teman juga bisa membelinya di toko online.

Kebetulan aku jualan sticky notes nih, teman-teman. Kalau kalian bingung mau beli di toko mana, kalian bisa beli di tokoku, hehe. Mumpung bulan ini lagi ada promo diskon. Monggo, mampir. Tautannya ada di bawah artikel ini ya. Meskipun tokonya masih baru banget dan belum ada penilaian, insyaAllah bisa dipercaya. Mau tanya-tanya atau lihat-lihat dulu juga boleh kok, siapa tahu jodoh eh, maksudnya tertarik buat beli.

Sekian tulisan hari ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!

Cihui!

Satu Komentar

  • MUHAMMAD ALFAJRI

    Blognya sudah bagus, akan tetapi masih ada kata-kata yang tidak di terjemahkan itu saja komentar dari saya terimakasih.

    Kunjungi blog saya kalau ada waktu:

    https://bukuberwarna25.blogspot.com/2023/10/buku.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *