Memori Buku

Tentang Memori Buku

Memori Buku-Mengapa blog ini bernama Memori Buku? Jika dilihat dari susunan katanya, blog ini terdiri dari dua kata yaitu “memori” yang berarti ingatan dan “buku”, yang tanpa dijelaskan pun orang sudah tahu. Jadi memori buku berarti ingatan tentang buku. Nah, kembali ke kalimat awal: Mengapa blog ini bernama Memori Buku?

Begini ceritanya. Aku suka membaca meskipun caraku membaca seperti siput. Akan tetapi, aku sering lupa terhadap isi dari buku yang sudah kubaca. Sebenarnya buku yang kubaca itu tidak banyak-banyak amat. Bukankah justru menyedihkan, sudah bacaannya cuma sedikit, yang diingat juga sedikit. Sedikit baca, banyak lupa. Oleh karena itu, aku membuat blog dengan nama Memori Buku sebagai wadah untuk mengabadikan apa yang telah aku baca. 

Jika aku lupa dengan buku yang telah kubaca, aku bisa singgah sejenak ke sini untuk kembali mengingatnya. Ya. Sejenak saja, setelah itu lanjut baca lagi dan menulis lagi. Aku ingin apa yang aku baca tidak hanya berhenti di pikiranku lalu perlahan menghilang dibawa waktu dan usia. Daripada hilang tak berjejak, lebih baik dimuseumkan agar tidak hilang dibawa waktu dan usia. Blog ini lah museumnya. Hrapannya blog ini bisa bisa menjadi hal yang bermanfaat. Kalaupun ternyata belum bisa bermanfaat bagi orang lain, ya minimal bermanfaat buat diriku sendiri. 

Memang, bacaan kita mungkin tidak selalu sama. Tetapi perbedaan bacaan bukan hal yang menghalangi kita untuk saling menghargai selera baca setiap orang. Justru kita bisa berbagi pandangan tentang buku-buku yang belum pernah kita baca, atau ‘bukan tipe bacaan kita’.

Pada blog ini tidak hanya berisi tentang ulasan buku saja. Selain isi buku yang perlu diingat, semua hal yang menghubungkanku dengan buku juga layak dijadikan kenangan. Oleh karena itu, blog terdiri dari beberapa kategori. Ada ‘Ulasan‘ yang berisi ulasan atau review buku, ‘Tutorial‘ yang berisi berbagai tutorial tips terkait buku-buku, dan ‘Sudut Rak‘ yang berisi artikel ringan yang masih berhubungan dengan buku. 

Blog ini masih jauh dari kata sempurna. Masih trial-error. Akan tetapi, aku mengupayakan agar blog ini semakin baik dari hari ke hari. Semoga aku bisa konsisten berkarya dan blog ini selalu berkembang. Jika kamu punya kritik dan saran terkait blog ini, jangan sungkan untuk menyampaikannya kepadaku. 

Teman-teman bisa mengikuti akun media sosial Memori Buku di Instagram. Klik di sini