pinjam buku di kutoobuku
Jelajah

PINJAM BUKU DI ‘KUTOOBUKU’

PINJAM BUKU DI KUTOOBUKU – Teman-teman pernah merental buku? Bicara rental atau sewa buku, aku teringat masa-masa ketika ujian terberat adalah ulangan matematika dan fisika. Saat itu, aku pertama kali mengenal rental buku dari salah seorang temanku sekelasku. Ia membawa sebuah novel remaja ke kelas. Jika dilihat, novel itu bukan novel perpustakaan karena buku-buku perpustakaan hampir semuanya buku lama. Yang diperbaharui paling majalah MOP, yang biasa diberikan kepada siswa kelas 7 pada saat pertama kali masuk (MOS). Karena penasaran, kutanyalah ia, dari mana atau milik siapa novel yang sedang ia baca. Ternyata ia meminjam di sebuah rental buku. Dengan uang seharga jajan di kantin, ia bisa menyewa buku dan membawanya pulang untuk dibaca di rumah. Wah, ternyata bisa ya dapat buku dengan harga lebih murah. Begitu batinku. Tapi belum sempat aku meminjam buku di tempat itu, rental buku itu sudah tidak lagi beroperasi. Rencana rental buku pun hanya tinggal wacana tanpa realisasi.

Saat aku merantau, aku juga pernah menyewa komik di sebuah rental buku. Letaknya tidak jauh dari kos. Aku hanya perlu berjalan sekitar dua ratus meter dari kos untuk bisa sampai ke tempat itu. Aku bisa mendapatkan buku dengan harga yang lebih murah dibanding beli. Bagiku yang jadi anak rantau (merantaunya cuma ke kota sebelah, sih), rental buku membantuku mendapatkan buku tanpa menguras isi dompet. Keberadaan rental buku seperti oase di tengah padang pasir bagi para pembaca yang berdompet minimalis ekonomis, atau yang tempat tinggalnya tidak punya toko buku dan sulit akses perpustakaan.

Saat itu rental buku masih offline. Maklum, kata ‘online’ belum populer saat itu. Sekarang hampir segalanya serba digital. Rental buku juga mengikuti perkembangan zaman. Kita bisa menemukan rental buku online, seperti Kutoobuku. Kutoobuku (dibaca kutubuku) merupakan platform rental buku yang meminjamkan buku kepada pembaca dengan cara online. Pinjam buku di Kutoobuku memang dilakukan secara online. Akan tetapi, buku yang dipinjamkan berupa buku fisik. Di Kutoobuku ada banyak koleksi buku-buku dari berbagai genre dan penerbit. Kita bisa menyewa buku dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli. Peminjaman diberi batas waktu antara seminggu sampai dua minggu.

Baca juga: 10 rekomendasi aplikasi untuk baca ebook 

Teman-teman bisa mendapatkan informasi lengkap seputar Kutoobuku di Instagram resmi Kutoobuku, di sini. Sebenarnya di sana sudah ada banyak informasi mengenai Kutoobuku, mulai dari kataog buku, kontak, sampai cara pinjam. Tapi tidak apa-apa, aku ingin membagikan tutorial meminjam buku di rental buku online Kutoobuku. Barangkali teman-teman perlu referensi dulu sebelum meminjam.

1. Lihat-lihat dulu katalognya

Katalog bisa dilihat di akun instagram katalog Kutoobuku yang tertaut di profil instagram Kutoobuku, atau di linktree yang ada di profil instagram Kutoobuku. Tapi untuk lebih detailnya lebih baik lihat katalog di linktree. Di sana kita akan dihubungkan ke drive yang berisi daftar buku beserta harga sewa, deposit, bahasa, dan jumlah halaman. Deposit  sebagai jaminan jika nanti buku yang dipinjam mengalami kerusakan. Setelah kita selesai meminjamnya, uang itu akan kembali kok.

2. Isi data Di Google Form

Sudah dilihat katalognya, sudah mendapatkan buku yang ingin dipinjam? Selanjutnya klik ‘aku mau pinjam’ yang ada di linktree. Di sana kita akan dihubungkan ke halaman google form. Isikan data yang diminta. Setelah selesai dan terkirim, kita akan dihubungi oleh admin untuk konfirmasi masalah ketersediaan buku, waktu peminjaman, pembayaran, dan pengiriman.

3. Selesaikan pembayaran

Setelah deal, selesaikan pembayaran dan kirim bukti pembayarannya. Jangan lupa disimpan ya, bukti pembayarannya! Jika sudah, kita tinggal menunggu buku dikirim ke rumah kita.

4. Unboxing

Pakeeeeet! Ah, akhirnya buku sudah sampai! Pengemasan paketnya rapi sekali, seperti pada gambar pertama. buku dibungkus kardus dan diikat dengan tali rami. Ketika kita membuka paketnya, kita akan mendapatkan buku, stiker, dan kartu ketentuan pinjam dari Kutoobuku seperti gambar di bawah ini.

unboxing paket Kutoobuku

Seperti pada gambar, buku pinjamanku dari Kutoobuku berjudul The Perfect World of Miwako Sumida. Tunggu ulasannya ya! Bukunya masih bagus dan rapi, hampir seperti baru. Nah, kardusnya jangan disobek atau dirusak ya! Karena ini akan digunakan lagi untuk mengembalikan buku. Jadi saat membukanya harus hati-hati.

5. Mengembalikan

Setelah selesai, kita bisa menghubungi admin untuk mengembalikan buku. Jangan lupa sertakan kardus dari Kutoobuku untuk membungkus, tulis alamat, dan kirimkan lewat ekspedisi.

Begitu lah cara pinjam buku di Kutoobuku. Kalau dirasa masih membingungkan, kita bisa menghubungi admin lewat chat WA untuk bertanya-tanya. Kontaknya ada di linktree. Admin akan dengan ramah membalas pertanyaannya.

Untuk saat ini rental buku online ini tersedia untuk wilayah Tangerang dan Jakarta.  Tapi jika teman-teman berada di luar area tersebut dan ingin pinjam, bisa ditanyakan ke admin Kutoobuku. Jika kotanya masih dekat dengan area tersebut, sepertinya masih bisa.

Keberadaan rental buku online seperti Kutoobuku memudahkan kita untuk menyewa buku dari jarak jauh. Kita tidak perlu pergi ke tempat rental untuk meminjamnya. Dengan rebahan saja, tahu-tahu buku sudah sampai rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.