rekomendasi aplikasi baca ebook
Sudut Rak

10 Rekomendasi Aplikasi Untuk Baca Ebook Legal

10 Rekomendasi Aplikasi Untuk Baca Ebook

Dewasa ini keberadaan ebook bukan lagi menjadi barang langka. Keberadaan ebook membantu mengurangi produksi kertas dan cocok bagi para penganut gaya hidup minimalis yang tidak mengoleksi banyak barang. Selain itu, orang-orang lebih memilih membaca ebook karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Cara mendapatkan ebook pun juga mudah. Ada banyak aplikasi tempat membaca ebook, baik yang gratis maupun berbayar. Aplikasi baca buku tersebut mengoleksi banyak ebook dengan berbagai macam genre. Berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi baca ebook yang legal di Indonesia, mulai dari gratis sampai berbayar.

 

1. IpusnasIpusnas logo

Ipusnas adalah perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional RI. Di Ipusnas, kita bisa meminjam dan membaca buku digital secara gratis. Aplikasi iPusnas bisa kita dapatkan di Playstore. Kita hanya perlu registrasi, lalu bebas memilih buku mana yang akan kita baca. Tutorial registrasi dan meminjam bisa dilihat di sini. Kita bisa langsung membaca buku yang kita pinjam jika tidak mengantri. Buku di iPusnas bisa dipinjam dalam kurun waktu lima sampai tujuh hari.

 

2. Eperpusdikbud

aplikasi baca ebook ePerpusdikbud
eperpusdikbud-google.play.com

Seperti halnya iPusnas, Eperpusdikbud adalah layanan perpustakaan digital dari Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Eperpusdikbud menyediakan banyak koleksi buku, baik buku pengetahuan maupun buku-buku sastra. Meski koleksinya tidak sebanyak iPusnas, akan tetapi Eperpusdikbud tetap bisa dijadikan alternatif aplikasi baca buku gratis dan legal.

 

3. Google Play Books

aplikasi baca buku google play books
google play buku-google.play.com

Jika iPusnas dan ePerpusdikbud adalah aplikasi baca ebook gratis dengan cara meminjam, maka google play books adalah aplikasi baca ebook dengan cara membeli. Ya, betul. M-e-m-b-e-l-i. Wah, gak gratis dong! Tidak semua hal harus sesuai dengan keinginan kita. Tidak segala hal bisa gratis. Demikian halnya buku, tidak semua buku gratis! Hehe, bercanda. Sebenarnya buku di google play book ada yang gratis kok. Tapi hanya buku-buku tertentu saja. Selain itu, meskipun kita harus membeli buku untuk bisa menikmati ebook di google play books, harga buku di sana lebih murah dibandingkan kita membeli buku fisik. Kita juga bisa melihat beberapa halaman awal dengan gratis. Jadi jika kita penasaran dengan sebuah buku tapi ragu-ragu mau membeli atau tidak, kita bisa membaca beberapa halaman awal dulu secara gratis. Jika ternyata buku itu menarik, baru kita beli. Google Play book juga menyediakan fitur ubah warna layar buku, kamus, dan stabilo.

Terkait: cara membuka ebook format epub di google play book

 

4. Gramedia Digital

aplikasi baca ebook Gramedia Digital
twitter.com/gramediaebook

Gramedia digital merupakan aplikasi baca buku digital berbayar. Ada lebih dari 120.000 koleksi buku, majalah, dankoran terbaru. Meskipun berbayar, ada banyak pilihan paket yang ditawarkan gramedia. Ada Full Premium Package untuk paket fiksi dan non fiksi, Fiction Premium Package untuk fiksi, Non Fiction Premium Package untuk paket non fiksi, dan Kids Premium Package untuk buku anak-anak. Kita juga bisa membeli ebook secara eceran jika tidak ingin membeli paket. Jadi kita bisa membeli sesuai kebutuhan dan budget kita.

 

5. Lontara

aplikasi baca buku Lontara App
Lontara App-twitter.com/lontara_app

Lontara.app merupakan aplikasi baca buku dengan cara menyewa atau membeli. Kita bisa menyewa dengan harga yang lebih murah, biasanya 10 % dari harga beli dan diberi batas waktu dua minggu. Jika kita ingin memiliki bukunya agar bisa membacanya tanpa terikat waktu, kita bisa membelinya. Selain itu, ada juga beberapa buku yang bisa kita baca secara gratis. Ada banyak koleksi buku di Lontara, baik buku terbitan lokal maupun literatur luar negeri. Aplikasi lontara bisa diunduh di google play store.

 

6. Rakata

aplikasi baca ebook Rakata
Rakata-rakata.id

Aplikasi ebook Indonesia satu ini berisi buku-buku dari berbagai penerbit dan berbagai genre. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mizan Group tahun 2020. Untuk membaca buku di rakata, kita harus membeli bukunya terlebih dahulu. Akan tetapi sebelum membeli, kita bisa melihat beberapa halaman awal sebagai teaser. Untuk membeli buku di rakata, kita harus mengisi saldo poin. Saldo poin bisa diisi lewat GoPay atau transfer bank.

 

7. Cabaca

Cabaca
cabaca.id

Aplikasi ebook Indonesia yang lain yaitu Cabaca.app. Cabaca memberikan kita banyak koleksi buku-buku Indonesia dari para penulis baru. Untuk bisa membaca buku di Cabaca, kita harus memiliki saldo kerang. Jadi, Saldo kerang itu digunakan untuk membeli buku. Semakin banyak kerang, semakin banyak buku yang bisa kita baca. Tapi tidak perlu khawatir harus repot-repot mengurangi dompet untuk dapat kerang. Ketika pertama kali kitamendaftar sebagai anggota Cabaca, kita otomatis mendapatkan saldo lima puluh kerang bonus. Jadi kita sudah bisa langsung membaca bacaan dengan kerang tersebut. Untuk mendapatkan kerang, pembaca harus melakukan ­top up. Selain itu, pembaca juga bisa mendapatkan kerang gratis dengan menyelesaikan misi kerang. Semakin banyak misi kerang yang terselesaikan, semakin banyak kerang yang akan didapatkan. Selain tempat membaca buku, Cabaca juga tempat menulis. Jika kamu hobi menulis, kamu bisa menuliskan karyamu di Cabaca agar bisa dibaca oleh pengguna yang lain.

 

8. Storial.co

 Storial
storial.co

Seperti halnya Cabaca, Storial merupakan tempat membaca buku sekaligus tempat menulis cerita. Jadi selain membaca buku, kamu juga bisa menulis buku dan diterbitkan sendiri di platform tersebut. sebagaimana namanya, Storial, aplikasi ini berisi berbagai ebook cerita fiksi yang ditulis oleh penulis baru dan juga penulis dengan jam terbang tinggi. Di Storial, cerita tidak hanya dalam format ebook, tapi juga audiostory. Kita bisa membaca buku di Storial dengan menukar saldo koin.

 

9. Wattpad

wattpad
company.wattpad.com

Aplikasi baca buku online satu ini sering disebut juga dengan ‘dunia oren’. Aplikasi wattpad ini khusus untuk membaca buku fiksi. Wattpad hampir sama dengan storial dan cabaca, yaitu tempat membaca buku dan menulis. Wattpad memberikan banyak ebook, dari yang sudah diterbitkan maupun cerita bersambung. Kamu bisa membaca cerita di Wattpad secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Wattpad juga merupakan platform untuk menulis cerita, seperti halnya Cabaca dan Storial.

 

10. Perpustakaan Digital Daerah Masing-Masing

aplikasi baca ebook gratis epusda purworejo
epusda Purworejo-play.google.com

Setiap daerah atau kota biasanya memiliki perpustakaan digital. Misal seperti Jakarta yang memiliki iJak, Bandung yang punya e-pustaka Bandung, Jogja yang menyediakan iJogja, Kalimantan Timur dengan iKaltim. Di kota tempatku tinggal, Purworejo, ada ePusda Purworejo. Perpustakaan digital daerah ini bisa menjadi alternatif aplikasi baca ebook gratis dan legal. Kita hanya perlu mengunduh aplikasi, registrasi, lalu pinjam dan baca.

 

Itulah sepuluh rekomendasi aplikasi untuk baca ebook secara legal di Indonesia, baik yang gratis maupun yang berbayar. Dari sembilan aplikasi yang disebutkan di atas, mana yang paling kamu sukai?

Atau, kamu biasa baca buku di aplikasi lain yang belum disebutkan? Bisa ditulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.